Sudah cukup sering lewat ke daerah Soreang, saat beberapa kali ke Ciwidey pasti lewat Soreang. Begitu juga melewati komplek Pemda Kabupaten Bandung dan bangunan megah disebrangnya. Hanya tau itu Gedung Sabilulungan saja tanpa pernah masuk untuk mengetahui lebih jauh, ya karena aku fikir tidak memiliki keperluan jadi tidak tertarik untuk masuk. Namun, karena ada acara World Food Day yang diadakan di Bale Rame (salah satu bangunan yang ada dikomplek Sabilulungan) aku menyempatkan mampir ke sana.
 
Ternyata setelah memasuki gerbang dibelakang tulisan Sabilulungan besar ini aku melihat tiga bangunan megah yang ada disana, ya maklum sebelumnya tidak pernah memperhatikan dengan seksama jadi baru mengetahui jika Gedung Sabilulungan merupakan salah gedung yang ada disana, tepatnya bernama Gedong Budaya Sabilulungan. Selain Gedong Budaya Sabilulungan ada dua bangunan lain yaitu Gedung Science Center dan Bale Rame atau yang biasa disebut Doom. Ketiga bangunan itu berada dalam satu komplek yang bernama Kampung Sabilulungan. Gedong Budaya Sabilulungan dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 20 Mei 2014. Berada di jalan Al Fathu – Soreang tepatnya di sebrang komplek Pemda Kabupaten Bandung. Kawasan budaya Sabilulungan disebut-sebut termegah di Jawab Barat.

Apa itu Sabilulungan ?

Sabilulungan dalam bahasa Sunda memiliki arti kata sikap gotong royong. Makna lain dari kata Sabilulungan yaitu seiya sekata, sauyunan, selangkah, sepengertian, sepaham, saling membantu, saling mendukung, saling menyayangi, rasa persaudaraan yang erat dan kebersamaan. Dari semangat kata Sabilulungan, mengisyaratkan harapan dan keinginan terbangunnya sikap gotong royong masyarakat yang kuat, megah dan kokoh yang dilambangkan oleh Gedong Budaya Sabilulungan. 
 
Gedong Budaya Sabilulungan ini adalah bangunan yang paling dahulu kita temukan setelah memasuki gerbang utama, karena posisinya memang berada tepat didepan gerbang. Gedong Budaya Sabilulungan ini difungsikan sebagai gedung pertunjukan indoor yang dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan musik, teater dan acara pemerintahan. Teras depan atau samping sering digunakan sebagai tempat berlatih menari juga. Ketika kegiatan PON XIX di Jawa Barat, gedung ini mendapat kesempatan sebagai tuan rumah cabang olahraga binaraga.
 
Gedong Budaya Sabilulungan ini memiliki kapasitas delapan ratus kursi VIP yang terbagi menjadi dua yaitu tribun atas dan bawah. Tidak hanya bangunan yang megah, Gedong Budaya Sabilulungan pun memiliki fasilitas pendukung lain berupa background 11 x 16 meter instalasi panel LED, 30.000 watt soundsystem, dua ruang make up, ruang tiket, satu ruang serbaguna yang dapat digunakan menjadi ruang pertemuan berkapasitas enam puluh orang, mushola, toilet dan kita bisa menikmati city view dari atas Gedong Budaya Sabilulungan.

Fasilitas yang sudah Terbangun

Pada kawasan ini sudah dibangun 3 gedung yang megah yaitu Gedung budaya sabilulungan, Science Center dan Dome Bale Rame. (Fungsi dan fasilitas masing masing akan dijelaskan lebih detail pada penjelasan di bawah).

Selanjutanya pada kawasan ini juga akan di bangun beberapa fasilitas lainnya seperti :

  • Gedung Pusat Informasi Pariwisata
  • Soreang Convention Center
  • Food Court dan Skate Park
  • 3D Art Galery
  • Kaulinan Urang Lembur

Testimoni Lokasi

Akses Menuju Lokasi

Lokasi Kawasan Kampung Sabilulungan  berada di  Jalan Al-Fathu, Pamekaran, Soreang, Bandung, Jawa Barat 40912

Lokasinya sangat strategis, di depan gedung pemerintahan Kabupaten Bandung, serta ruas jalan yang menghubungkan Kota Bandung dengan Tempat Wisata di Ciwidey. Lokasi ini juga snangat strategis karena berada di dekat pintu keluar tol Saroja. Bila kita mengendari tol maka lokasi tersebtu adalah sebelah kiri, tepatnya di seberang komplek pemda. Kabupaten Bandung.

Galeri Foto